5 Mainan untuk Anak Perempuan Kembangkan Daya Sosial

Masa anak-anak adalah masa emas. Masa ini adalah peluang untuk memberikan berbagai ilmu termasuk mengenai daya sosialnya. Namun, kebanyakan masa anak-anak diisi dengan mainan. Oleh karena itu sebagai orangtua, Anda bisa memilihkan mainan anak perempuan untuk mengembangkan daya sosialnya. Ini dia informasi lengkapnya.

1. Mainan Dokter-Dokteran

Pada umumnya, anak perempuan suka sekali bermain mengenai peran sebagai dokter-dokteran. Entah itu mengajak adiknya, teman sebayanya maupun Ibunya sendiri. Tentu hal ini bagus untuk melatih rasa empati dan juga simpati dengan keadaan orang lain yang berada disekitarnya.

Jika Anda mendapati anak perempuan Anda bermain seperti jangan dilarang. Tapi dukunglah aktivitasnya dengan mengarahkan dan memberikan informasi terkait hal tersebut dengan baik dan benar.

2. Mainan Rumah-Rumahan

Tidak jauh beda dengan mainan sebelumnya. Jenis mainan ini juga termasuk dalam kategori sebagai mainan yang memainkan peran. Biasanya mainan rumah-rumahan ini anak akan mengumpulkan benda-benda yang dapat dibangun menjadi rumah. Misalnya saja menyusun beberapa bantal menjadi gundukan rumah yang bisa dihuni. Setelah itu, anak akan mencari selimut sebagai atapnya.

Dengan begitu, semua teman, adik bahkan ada juga orangtua yang diajak untuk menempati rumah yang telah terbangun sebelumnya. Selanjutnya anak akan memiliki daya imajinasi mengenai jalan cerita yang harus diperankan oleh anak, teman dan orang disekitarnya. Misalnya saja membuatkan minuman, menjamu tamu untuk bermalam, dan sebagainya.

3. Menangkap Kupu-Kupu

Selain bermain di dalam rumah, anak juga bisa bermain di luar rumah. Misalnya saja menangkap kupu-kupu. Bermain di luar rumah juga bisa memberikan manfaat yang baik. Apalagi bermain di bawah sinar matahari pagi yang sejuk. Selain tubuh mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, anak juga bisa memperluas daya pertemanannya. Dengan begitu, kemampuan bersosialisasinya dapat terus berkembang.

4. Petak Umpet

Mainan ini tidak bisa dilakukan jika hanya seorang saja. Oleh karena itu mainan ini memerlukan beberapa pemain agar jalan mainan terasa menyenangkan. Anak Anda bisa mengembangkan daya sosialnya dan juga kemampuan komunikasinya melalui permainan ini. Jika anak Anda bermain ini, maka Anda harus bisa mengawasinya dan memberikan pengertian yang baik. Misalnya petuah mengenai tempat sembunyi yang aman, yang tidak membahayakan itu lebih utama.

5. Menyusun Balok Besar

Apabila Anda memiliki mainan balok besar, Anda bisa memberikannya kepada anak. Tentu anak boleh mengajak teman sebayanya untuk bermain bersama. Misalnya saja Anda memberikan tugas untuk menyusun balok tersebut sesuai dengan warnanya dengan syarat dan ketentuan tertentu. Dengan begitu, anak akan belajar menyusun strategi untuk menyelesaikan tantangan tersebut. Selain itu, anak akan belajar mengenai kerjasama dalam tim atau dengan temannya.

Demikianlah beberapa informasi mengenai jenis permainan yang bisa mengembangkan daya sosial anak. Apabila Anda membutuhkan peralatan maupun perlengkapan untuk mendukung aktivitas main anak, Anda bisa mencarinya di toko perlengkapan bayi. Biasanya di toko ini juga menyediakan mainan untuk anak. Pastikan Anda memilih mainan dengan bahan yang aman.