Apa Saja Fitur Penting dari Sistem Informasi Karyawan?

Berencana menggunakan sistem informasi karyawan di perusahaan untuk kepentingan administrasi? Perhatikan dahulu, apakah sistem sediakan fitur-fitur berikut ini.

Sistem informasi atau database karyawan dibutuhkan di seluruh instansi dan perusahaan. Sistem informasi dibutuhkan untuk kebutuhan administrasi, seperti absensi pegawai dan yang lainnya. Semakin besar sebuah perusahaan, maka database semakin dibutuhkan. Mulai berminat untuk menggunakannya? Penting menemukan sistem informasi karyawan terbaik dengan fitur-fitur menarik didalamnya. Namun fitur apa saja yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan?

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Informasi Karyawan?

Sebelum menggunakan database atau sistem informasi, anda harus mendapatkan data seluruh karyawan. Tidak ada batasan karyawan yang perlu mengirimkan datanya, dimulai dari security hingga manager seluruhnya wajib menyerahkan data. Lantas bagaimana cara mendapatkannya? Cara terbaik untuk mendapatkannya adalah memberikan form untuk diisikan oleh karyawan.

Hal ini tidak berlaku untuk anda yang telah memiliki berkas data karyawan sebelumnya. Di mana, identitas dan berbagai data lainnya dapat ditemukan melalui curriculum vitae yang diberikan karyawan. Staff hanya perlu memasukannya dalam database, sehingga sistem dapat dimanfaatkan. Setelahnya, berbagai fitur yang disediakan dapat digunakan. Namun, fitur apa saja yang harus ada dalam database?

4 Fitur Penting dalam Sistem Informasi

Keberadaan sistem informasi akan mendukung perusahaan dapat berkembang lebih pesat. Namun terdapat fitur-fitur tertentu yang harus tersedia didalamnya, seperti berikut ini.

1. Absensi Karyawan

Fitur pertama yang harus disediakan adalah fitur absensi karyawan. Fitur ini disediakan guna menghitung absensi karyawan dalam setiap jam kerja. Umumnya, sistem akan menyediakan hardware pendukung absensi. Sehingga hardware dapat terhubung secara langsung dengan sistem. Cara ini pula yang dapat dimanfaatkan untuk menghitung jumlah cuti yang dapat diambil.

2. Penggajian

Beberapa perusahaan di Indonesia memiliki kebijakan pengurangan gaji untuk karyawan yang terlambat. Setiap menit atau jam karyawan terlambat, terdapat gaji yang harus dipotong sesuai jumlah yang ditentukan. Adanya sistem akan membantu menghitung jumlah gaji yang harus dibayarkan.

3. Waktu Cuti

Tugas lain dari sistem informasi adalah menghitung waktu cuti karyawan. Setiap karyawan memiliki waktu cuti masing-masing. Sebut saja setiap cuti yang diambil akan mengurangi jumlah cuti yang tersedia. Jika harus menghitung secara manual jumlah karyawan ribuan, tentu akan rumit. Di sinilah pentingnya fitur penghitungan waktu cuti diperlukan.

4. Pembayaran Pajak dan Asuransi

Perusahaan akan bertanggung jawab atas asuransi dan pajak dari karyawannya. Pada sistem informasi terdapat fitur pembayaran pajak dan asuransi. Keduanya akan nampak dalam sistem lengkap dengan jumlah biaya yang harus dibayarkan. Sayangnya, fitur yang satu ini jarang terdapat pada database, untuk itu mintalah untuk dibuatkan fitur jika dibutuhkan.

Masih banyak fitur-fitur menarik yang harus dilengkapi dalam database. Anda dapat memesannya pada pengembang, untuk melengkapi semua kebutuhan. Namun perlu diingat, hal ini harus diiringi dengan memori yang tersedia di sistem informasi karyawan. Jadi, tidak menganggu kinerja dari setiap fitur yang disediakan.