Cara menjaga pola tidur anak yang baik

Waktu tidur merupakan waktu istirahat yang sangat penting untuk dipenuhi, beberapa orang mengalami ganggan tidur seperti insomnia, atau waktu tidur yang terbalik. Untuk anda yang memiliki anak, pastinya kalian ingin memastikan bahwa anak anda memiliki pola tidur yang baik, disini kami akan memberikan beberapa tips agar anak anda memiliki pola tidur yang baik.

  1. Jadikan tidur sebagai rutinitas. Menciptakan rutinitas waktu tidur untuk anak-anak dapat menghilangkan stres dari waktu tidur untuk orang tua dan anak. Dan berilah beberapa jadwal hal ha l yang harus dilakukan sebelum menjelang tidur, misalnya mematikan TV, memainkan musik yang menenangkan, meredupkan lampu, dan hal lainnya. Rutinitas tidur yang sebenarnya dapat terdiri dari banyak kegiatan relaksasi dan yang akan membuat tidur menjadi lebih nyaman. Berikut ini adalah rutinitas pengantar tidur yang sering dilakukan oleh banyak orang:
  • Mandi sore
  • Mengenakan piyama
  • Menyikat gigi
  • Waktu cerita di tempat tidur
  • Goodnight kiss

Rutinitas itu sendiri dapat diubah sebagian atau diubah seluruhnya tergantung pada kebutuhan individu anak anda. Bukan komponen rutin yang penting, tetapi konsistensi yang penting.

  1. Ciptakan lingkungan tidur yang ideal. Kamar anak anda harus membantu mereka nyaman ditempat tidur. Yang terbaik adalah menjaga kamar mereka gelap, tenang, dan sejuk. Beberapa anak (terutama yang sangat muda) menginginkan setidaknya sedikit cahaya di kamar mereka, sehingga cahaya malam atau cahaya redup dapat diterima. Jika mereka tidak bisa tidur dalam suasana yang sepi kalian bisa menggunakan kiipas angin untuk menciptakan suara yang teratur dan berirama.
  2. Matikan elektronik. Jangan letakan televisi, komputer, game, dan perangkat elektronik lainnya dari kamar mereka. Perangkat ini malah akan membuat mereka menjadi terjaga melalui konten yang merangsang dan juga cahaya yang memancarkannya yang meniru siang hari dan menipu otak agar berpikir bahwa ia perlu tetap terjaga. Elektronik harus dimatikan atau dibawa pergi setidaknya satu jam sebelum tidur. Mengizinkan TV dan komputer di kamar mereka memberi mereka kemungkinan gangguan yang tidak akan bisa anda kontrol setelah keluar dari ruangan.
  3. Pastikan mereka berolahraga secara teratur. Penting bagi anak-anak Anda untuk banyak berolahraga di siang hari yang akan membantu mereka lebih cepat mengantuk di malam hari.

Hindari makan dan minuman yang mengandung kafein sebelum tidur. Kafein adalah stimulan dan tidak baik untuk anak-anak. Namun, jika anda membiarkan anak anda sesekali minum soft drink, pastikan mereka tidak memiliki minuman yang mengandung gula dan kafein dalam waktu 3 jam sebelum tidur. Makanan ringan sangat bisa diterima sebelum tidur selama mereka sehat dan tidak terlalu mengenyangkan. Jika anak Anda meminta makanan atau minuman sebelum tidur, beri mereka segelas susu hangat, atau camilan sehat ringan seperti buah atau kerupuk.

Waspadai tanda-tanda gangguan tidur. Jika anda telah menetapkan rutinitas waktu tidur yang konsisten dan membuat penyesuaian agar sesuai dengan kebutuhan individu anak anda dan mereka masih mengalami kesulitan tidur, anak anda mungkin memiliki gangguan tidur. Perhatikan baik-baik perilaku dan pola tidur malam anak anda serta bagaimana fungsinya di siang hari. Jika mereka lelah pada siang hari, kesulitan berkonsentrasi pada pekerjaan rumah, atau memiliki masalah perilaku di rumah atau sekolah, itu bisa menjadi tanda gangguan tidur yang mendasarinya. Jika anda menduga bahwa anak anda mungkin memiliki gangguan tidur, bicarakan dengan dokter anak anak anda tentang kebiasaan tidur mereka, atau jadwalkan janji temu dengan spesialis tidur.