Kapan Waktu yang Tepat Untuk Mengganti Aki Mobil

Ketika berbincang tentang komponen mobil, maka aki adalah salah satu komponen yang paling penting untuk diketahui. Hal ini dikarenakan aki mobil merupakan sumber daya utama yang akan menghidupkan mesin mobil serta rangkaian listrik berbagai aksesoris mobil. Jika kondisi aki baik, maka seluruh perkara kelistrikan mobil juga akan baik.

Namun, sebagaimana komponen mobil lainnya, aki pun memiliki umur pemakaian. Ada kalanya daya aki mulai drop dan fungsinya mulai menurun. Oleh karenanya, aki pada waktunya harus diganti.

Lantas, kapan aki mobil harus diganti untuk memastikan performa mobil tetap baik dan maksimal?

Ciri Aki Mobil Rusak dan Harus Diganti

Penggantian aki diperlukan untuk mengembalikan performa mobil agar senantiasa maksimal. Nah, ada beberapa ciri aki mobil yang rusak dan memang harus diganti. Beberapa ciri tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mesin tidak bisa dihidupkan

Sebagaimana disinggung di awal, salah satu fungsi utama aki mobil adalah untuk menghidupkan mesin mobil. Oleh karena itu, salah satu ciri yang cukup signifikan untuk menilai kondisi aki mobil adalah dengan mengetes menghidupkan mobil. Mesin mobil yang tidak bisa dihidupkan adalah tanda jika aki mobil tersebut sudah rusak.

Untuk pengguna aki basah, maka bisa jadi air aki sudah berada pada posisi kurang atau bahkan habis. Sedangkan pada pengguna aki kering, bisa jadi ada cell aki yang sudah mulai rusak. Jika kerusakan aki sudah parah, maka penggantian harus dilakukan.

  • Aki mengeluarkan bau

Pernahkah Anda menemukan aki mobil berbau saat mesin mobil dihidupkan? Aki yang bau dan menyengat adalah ciri lain dari kerusakan yang terjadi pada komponen mobil ini. Bau tersebut umumnya berasal dari sel atau komponen aki yang sudah rusak.

Ketika Anda menghidupkan mesin mobil, maka sel yang rusak tersebut akan menjadikan air aki mendidih dan mengeluarkan bau yang tidak enak. Kasus ini memang hanya terjadi pada pengguna aki basah saja. Namun, ketika kerusakan terjadi, maka penggantian harus dilakukan sebab komponen aki yang rusak sudah sulit untuk diperbaiki.

  • Air aki menjadi keruh

Untuk pengguna aki basah, mengecek volume air aki adalah hal yang paling penting dan pastikan air aki tidak sampai kering. Selain itu, penggantian air aki juga diperlukan untuk memastikan bahwa air aki dalam kondisi baik dan tidak keruk dikarenakan kotoran yang menumpuk dalam waktu yang cukup lama.

Kotoran yang menumpuk tersebut apabila dibiarkan akan mengakibatkan masalah baru pada aki mobil, termasuk kerusakan permanen yang mengharuskan Anda melakukan penggantian. Oleh karena itu, ganti secara rutin air aki mobil Anda.

  • Tegangan aki yang berkurang

Ketika sudah lama dipakai, maka tegangan aki bisa berkurang hingga akhirnya mengecil dan hilang. Anda bisa mengetes tegangan aki tersebut menggunakan cranking ataupun load test. Standard tegangan aki adalah di atas 10 volt karena jika berada di bawah 10 volt, maka aki tidak akan bisa menghidupkan mesin.

Nah, cobalah tes tegangan aki tersebut terutama jika Anda menemukan masalah pada aki. Selain itu, ketika hendak membeli aki yang baru, pastikan untuk mengecek tegangan bawaan aki. Atau, untuk aki basah yang masih cukup bagus, peningkatan tegangan bisa dilakukan dengan cara mengisi ulang daya aki.

  • Terjadi korsleting

Salah satu masalah yang cukup umum terjadi pada aki yang rusak adalah korsleting. Ini adalah kondisi yang cukup berbahaya karena jika tidak ditangani dengan baik, maka bisa jadi terjadi kebakaran pada mobil.

Umumnya, korsleting pada aki terjadi ketika usia aki sudah terlalu tua sehingga terdapat cukup banyak komponen yang rusak. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya Anda segera melakukan penggantian aki agar risiko terburuk terkait kerusakan aki tidak akan terjadi.

Nah, beberapa hal di atas adalah ciri aki mobil yang sudah mulai rusak dan sebaiknya diganti. Anda bisa mencari tahu harga aki mobil terlebih dahulu untuk membeli aki yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Tentu saja, pastikan jika Anda membeli aki yang bagus dan berasal dari brand yang terpercaya untuk jaminan kualitas.