Melihat Apa Saja Perkembangan Bayi 4 Bulan

Menjalani usia bayi saat 4 bulan, pasti akan semakin membuat penasaran akan setiap perkembangan dan kemampuan yang dimiliki. Umumnya, saat fase ini bayi akan jauh lebih aktif karena kemampuan dalam memberikan beragam celoteh kecil saat melakukan sesuatu. Normalnya, perkembangan bayi 4 bulan akan mampu dalam melakukan proses tengkurap dan terlentang dengan mudah dan menyesuaikan kondisi sekitar bayi.

Pada saat usia ini, berat badan pun juga terus berkembang dan bertambah hingga mencapai bobot 8 kg untuk bayi laki-laki. Sementara perempuan, bobot juga bisa mencapai 8 kg juga jika melihat jenis gizi makanan dimana dikonsumsi oleh bayi. Pembelajaran dalam memahami suara sekitar oleh orang tua atau orang sekitar semakin berkembang dibanding sebelumnya. Itulah mengapa, bayi sudah mulai melakukan celoteh kecil dalam perkembangannya.

Jenis Perkembangan Pada Usia 4 Bulan

Karena masa tersebut sangat penting dan jangan sampai terlewatkan, maka ketahui betul setiap hal dimana bayi sudah mampu melakukan. Terutama, untuk mengembangkan kemampuan untuk koordinasi setiap bagian kaki atau tangan harus dipastikan pada waktu umur ini. Secara umum, maka hal terbaik adalah mengetahui setiap perkembangan dan memastikan agar setiap gerakan bayi bisa dilakukan.

Berikut setiap kemampuan dalam perkembangan dari bayi di usia 4 bulan :

  1. Menggerakan kepala secara tegak

Bagi orang tua, maka ketahui betul bahwa hal paling jelas adalah kekuatan otot di sekitar leher dan kepala semakin kuat untuk bisa melakukan tengkurap. Maka dampaknya adalah membuat bayi sudah mulai dapat memposisikan kepala dengan tegak tanpa perlu lagi anda bantu sebagai orang tua. Tentu saja ini menjadi suatu perkembangan sangat penting dalam membuat kondisi bayi semakin siap.

  1. Lebih aktif dalam gerakan berguling

Jika diperhatikan pada saat anda letakkan di Kasur, maka anak anda akan jauh lebih cepat dan semangat dalam melakukan gerakan berguling. Pastikan sebagai orang tua untuk memeriksa agar permukaan pergerakan bayi jauh lebih aman dan tidak akan membahayakan bayi. Baik tidur secara terlentang atau secara tengkurap akan sangat membantu terutama pada saat pergerakan bayi saat akan berguling.

  1. Mulai bisa menjejak lantai

Selain bagian dari otot leher dan kepala, bagian terpenting yang terus berkembang adalah otot kaki dan tangan. Pada bagian kaki, jika perhatikan lebih dekat akan terdapat bahwa tanda bayi sudah bisa mulai melakukan gerakan untuk menjejak bagian kaki menuju lantai secara perlahan. Hal ini sangat penting dalam membuat kondisi dari seluruh oto kaki semakin jauh berkembang dibanding sebelumnya.

Karena itu, maka perkembangan ini sangat penting dalam membiasakan bayi pada masa selanjutnya dan beragam gerakan lain. Apalagi, bayi akan semakin aktif jika melihat kondisi di umur ini dan tertarik dalam melakukan proses untuk berbicara. Maka, sebagai orang tua harus terus mendampingi dan mendorong daya kembang dan stimulasi anak dalam menjamin setiap kemampuan lainnya.